Monday, February 4, 2019

KHASIAT DAUN SUNGKAI UNTUK OBAT

Sungkai atau (Peronema canescens) selain memiliki serat kayu yang bagus dan salah satu Komoditas Eksport , dia adalah salah satu Tumbuhan asli Kalimantan penyebarannya seluruh Kalimantan meliputi Malaysia dan Brunei ,sungkai juga terdapat di beberapa bagian pulau Sumatera.

Sungkai tumbuh di hutan sekunder pada berbagai jenis tanah dan tidak memerlukan persyaratan tumbuh yang baik, namun biasanya tumbuh baik pada tanah yang cukup mengandung air, seperti di tepi sungai dan secara bermusiman tergenang air tawar. Sungkai tahan terhadap persaingan alang-alang dan terhadap kebakaran. Sungkai pada umumnya tumbuh baik pada ketinggian 0-600 meter dan pada daerah yang mempunyai tipe iklim A-C menurut tipe curah hujan Schmidth dan Ferguson.
Tanaman sungkai merupakan tanaman kayu-kayuan yang bisa mencapai tinggi 20-30 meter, dengan diameter batang mencapai 60 cm atau lebih. Tinggi batang bebas cabang bisa mencapai 15 meter.
Bentuk batang lurus dengan lekuk kecil, tapi kadang-kadang bentuk batangnya jelek akibat serangan hama pucuk. Kulit berwarna abu-abu atau sawo muda, beralur dangkal mengelupas kecil-kecil dan tipis. Penampang kulit luar berwarna coklat, kuning atau merah muda. Kayunya berteras dengan warna sawo muda. Rantingnya penuh dengan bulu-bulu halus.
Tajuk tanaman berbentuk bulat telur dan pada umumnya kurang rimbun. Daun mejemuk bersirip ganjil, letak berpasangan dan anak-anak daun letaknya berpasangan atau berselang-selang, lancip, melancip pada ujungnya, anak daun dibagian bawahnya tertutup rapat dengan bulu-bulu halus. Bentuk buah kecil-kecil dan letak bunga berpasangan serta berkedudukan malai. Perakaran menyebar dangkal, tidak tahan terhadap kekuranagn zat asam lebih dari 10 hari (Anonim, 1979 dan Anonim, 1980).
Tahukah anda bahwa Sejak dulu orang orang banyak menggunakan daun muda sungkai sebagai obat saat anak-anak Demam dan sakit Kepala serta sakit Gigi ,Asma (lelah), bahkan penyakit kulit seperti Panu.
Berangkat dari kebiasaan masyarakat pribumi kalimantan ini ,akhirnya para ilmuan melakukan penelitian dan menemukan bahwa daun muda sungkai tersebut memilik kandungan atau Potensi ( Antipiretik ) obat yang sangat berkhasiat untuk menurunkan suhu badan dan sakit kepala .
Rebusan daun muda Sungkai juga dipercaya berkhasiat untuk memperlancar Haid pada perempuan dan membantu tingkat kesuburan rahim wanita.


Semoga bermanfaat                



2 comments:

KHASIAT TANAMAN ANTING-ANTING UNTUK KESEHATAN

Dalam bahasa melayu tanaman anting-anting dikenal dengan nama pohon kucing-kucingan. tumbuhan ini memiliki rasa yang pahit dan bersifat s...